Minggu, 05 Agustus 2012

Tips merawat payudara saat hamil/ persiapan menyusui

Perawatan payudara selama kehamilan penting diperhatikan sebagai persiapan untuk menyusui kelak. Itulah sebabnya, rawatlah payudara sedini mungkin sebelum melakukan tugas mulia. Yaitu:

Pertama, pada saat umur kehamilan memasuki tiga bulan, periksa puting untuk mengetahui apakah puting datar atau masuk ke dalam dengan cara memijat dasar puting susu secara perlahan. Puting susu yang normal akan menonjol keluar. Apabila puting susu tetap datar atau masuk kembali ke dalam payudara, maka sejak hamil 3 bulan harus dilakukan perbaikan agar bisa menonjol.

Kedua, konsultasi dengan dokter Anda. Caranya adalah dengan menggunakan kedua jari telunjuk atau ibu jari, daerah di sekitar puting susu diurut ke arah berlawanan menuju ke dasar payudara sampai semua daerah payudara. Dilakukan sehari dua kali selama 6 menit. 

Ketiga, saat usia kehamilan enam sampai sembilan bulan mulailah lakukan perawatan. Basahi kedua telapak tangan dengan minyak kelapa atau zaitun. Kompres  puting susu sampai areola mamae (daerah sekitar puting dengan warna lebih gelap) selama 2-3 menit.
Tujuannya adalah untuk merontokkan kotoran atau kerak yang menempel pada puting susu. Jangan membersihkan dengan alkohol karena dapat menyebabkan puting susu lecet.

Keempat, peganglah kedua puting susu lalu ditarik, diputar ke arah dalam dan ke arah luar (berlawanan jarum jam). Pangkal payudara dipegang dengan kedua tangan, lalu diurut ke arah puting susu sebanyak 30 kali sehari.
Lalu pijat kedua areola mamae hingga keluar 1-2 tetas. Setelah itu, puting susu dibersihkan dengan handuk kering bersih. Bersihkan payudara memakai air, lalu pijat memakai minyak.
Pemijatan dilakukan dengan kedua tangan, sekeliling payudara diurut memutar searah jarum jam kemudian berbalik arah berlawanan jarum jam. Setelah itu lakukan pengurutan dari bawah menuju puting, namun putingnya sendiri tak perlu dipijat karena berkelenjar. Setelah itu, ketuk-ketuklah payudara memakai ujung jari atau ujung ruas jari.

Kelima lakukan juga senam secara teratur. Yakni posisi berdiri, tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri dekat siku, sebaliknya tangan kiri memegang lengan bawah kanan (seperti orang bersedakep). Kemudian tekan kuat kuat ke arah dada dengan cara mempererat pegangan, sehingga terasa tarikannya pada otot-otot di dasar payudara. Selanjutnya lemaskan kembali. Lakukan berulang-ulang hingga 30 kali. 

Keenam, sebaiknya pemakaian bra juga harus diperhatikan. Pakailah bra dengan dua ukuran di atas yang biasa kita pakai saat payudara mulai membesar. Pakailah yang pas, jangan pakai yang terlalu ketat atau longgar sehingga dapat menopang payudara dengan baik

0 komentar:

Posting Komentar