Kamis, 02 Agustus 2012

Cara merawat payudara setelah melahirkan


Tahap-tahap:
1. Membersihkan puting susu.
2. Melakukan pemijatan.
3. Pengompresan.

Langkah-langkah membersihkan puting susu:
1. Ibu duduk bersandar.
2. Pakaian atas dibuka.
3. Handuk diletakkan di bawah payudara.
4. Kapas dibasahi dengan kapas alcohol.
5. Kedua puting susudikompres dengan kapas yang sudah dibasahi dengan minyak/baby oil selama 3-5 menit.
6. Kapas digosokkan disekitar putting susu untuk mengangkat kotoran kemudian kedua tangan dibasahi dengan baby oil.
7. Lakukan pemijatan.

Cara-cara pemijatan payudara:

1. Tuangkan minyak secukupnya.
2. Kedua telapak tangan berada diantara kedua belah tangan payudara lalu diurut mulai dari atas, ke samping, ke bawah dan menuju ke puting susu dengan mengangkat payudara perlahan-lahan dan dilepaskan perlahan-lahan.
3. Telapak tangan kiri menyokong payudara sebelah kiri dan mengurut payudara mulai dari pangkal dada ke arah puting susu. Demikian dengan payudara sebelah kanan. Dilakukan sebanyak 30 kali.
4. Sokong payudara kiri dengan tangan kiri, kanan dengan tangan kanan, 2 atau 3 jari dari tangan yang berlawanan membuat gerakan memutar sambil menekan dari pangkal payudara dan berakhir pada putting susu, setiap payudara 2 kali gerakan.
5. Pengompresan
Kompreslah kedua payudara dengan waslap hangat secara bergantian dengan waslap dingin selama 5 menit, sekalian untuk membersihkan payudara dari minyak/baby oil.

Perawatan Puting Susu
 
1. Puting Susu Normal (Menonjol)
Dilakukan pada trimester terakhir kehamilan
Caranya:
- Kedua puting susu dikompres dengan kapas yang telah dibasahi minyak selama 5 menit agar kotoran disekitar puting susu terangkat.
- Ibu jari dan telunjuk diolesi dengan minyak kemudian diletakkan pada puting susu. Dilakukan gerakan memutar ke arah dalam 30 kali putaran untuk meningkatkan elastisitas otot puting susu.
- Gunakan handuk yang kasar setiap kali membersihkan payudara agar otot payudara menjadi kuat.

2. Puting Susu Datar Atau Masuk
Caranya:
- Kedua ibu jari diletakkan di sebelah kiri dan kanan puting susu kemudian secara perlahan-lahan ditekan serta dihentakkan ke arah luar menjauhi puting susu.
- Kedua ibu jari diletakkan di atas dan di bawah puting susu, kemudian secara perlahan-lahan ditekan serta dihentakkan ke arah luar menjauhi puting susu.

0 komentar:

Posting Komentar